Buka jam 08.00 s/d jam 16.00 , Minggu dan tanggal merah libur
Beranda » Artikel Terbaru » Ide Peluang Usaha Sabun Transparan

Ide Peluang Usaha Sabun Transparan

Diposting pada 12 June 2019 oleh usaha baju murah

Ide Peluang Usaha Sabun Transparan | Di era digital saat ini memiliki usaha yang banyak diminati bahkan dibutuhkan masyarakat merupakan hal yang sangat diinginkan. Terlebih semakin mudahnya menjual segala macam produk hingga ke seluruh dunia semakin mudah, karena adanya market place, blog, web maupun media sosial. Bisnis di bidang kosmetik salah satunya, yang saat ini banyak peminatnya. Saat ini jika anda menginginkan menjual produk kosmetik semakin mudah, terlebih produk sabun transparan ADEV , peluang usaha yang sangat menjanjikan sekali, dimana anda cukup memiliki formula pembuatan sabunnya sedangkan ada perusahaan yang bersedia membuatkan sabun untuk anda hingga izinnya pun sudah mereka uruskan, bukan hanya itu bahan yang digunakan pun bahan alami. Tidak merusak kulit dan baik untuk kulit pelanggan anda.

ide-peluang-usaha-sabun-transparan

Peluang usaha menjanjikan sabun transparan di era digital

Bagaimana, bukankah peluang usaha sekali untuk anda yang ingin terjun dalam bisnis bidang kosmetik kan ? Era digital memudahkan kita dalam berbisnis yang bisa menjangkau pelanggan di seluruh dunia, terlebih kosmetik sangat dibutuhkan oleh semua orang.

 

Perbedaan Sabun Transparan Dengan Sabun Biasa

Jika dilihat dari bentuknya sebenarnya sabun transparan sama saja dengan sabun biasa pada umumnya hanya saja sabun transparan, tembus pandang dan tampilannya jernih, cenderung memiliki kadar rendah. Sehingga penampilannya lebih menarik, selain itu dalam pembuatannya, sama halnya dengan sabun mandi biasa, sabun transparan juga merupakan hasil reaksi penyabunan antara asam lemak dengan basa kuat. Sabun ini mudah sekali larut karena mempunyai sifat sukar mengering.

perbedaan-sabun-transparan-dengan-sabun-biasa

Inilah perbedaan sabun transparan dengan sabun biasa

Adapun beberapa Faktor yang mempengaruhi transparansi sabun diantaranya adalah

  • Kandungan alkohol Etanol yang digunakan sebagai pelarut pada proses pembuatan sabun transparan karena sifatnya yang mudah larut dalam air dan lemak.
  • Gula bersifat humektan, dikenal untuk membantu pembusaan sabun. Semakin putih warna gula akan semakin jernih sabun transparan yang dihasilkan. Terlalu banyak gula,  produk sabun menjadi lengket, pada permukaan sabun keluar gelembung kecil-kecil. Gula yang paling baik untuk sabun transparan adalah gula yang apabila dicairkan  berwarna jernih seperti gliserin, karena warna gula sangat mempengaruhi warna sabun transparan akhir. Misalnya jika kita menggunakan Gula Jawa (Gula Batok)yang berwarna agak kecoklatan, hasil sabun akhir  juga tidak bening, tetap jernih tanpa warna tetapi juga agak kecoklatan.
  • Gliserin adalah produk samping dari reaksi hidrolisis antara minyak nabati dengan air untuk menghasilkan asam lemak. Gliserin merupakan humektan sehingga dapat ber fungsi sebagai pelembap pada kulit. Pada kondisi atmosfer sedang ataupun pada kondisi kelembaban tinggi, gliserin dapat melembapkan kulit dan mudah di bilas. Ketika sabun akan dibuat jernih dan bening maka hal yang paling essensial adalah kualitas gula, alkohol dan gliserin. Oleh karena itu pemilihan material dipertimbangkan dengan warna dan kemurniannya (Arita dkk, 2009).

 

Kandungan Utama Sabun Transparan

Sama halnya dengan sabun biasa, sabun transparan memiliki kandungan utama diantaranya adalah

bahan-baku-sabun-transparan-ADEV

bahan baku sabun sabun transparan

  1. Minyak Pendukung yaitu berbagai jenis minyak yang sering digunakan untuk membuat sabun diantaranya minyak zaitun, kelapa, castor, dan minyak kelapa sawit.
  2. Sodium Hidroksida (NaOH) .NaOH atau kaustik soda merupakan senyawa alkali yang bersifat basa berbentuk  butiran atau keping yang sangat higroskopis. NaOH akan bereaksi dengan minyak membentuk sabun lewat reaksi saponifikasi.
  3. Asam stearat membantu untuk mengeraskan sabun. Untuk penggunaannya jangan terlalu banyak karena penggunaaan yang banyak menyebabkan sabun kurang berbusa, jika terlalu sedikit sabun tidak mengeras. Jadi harus pas takarannya.
  4. Gliserin adalah produk samping dari reaksi hidrolisis antara minyak nabati dengan air. Gliserin merupakan humektan sehingga berfungsi sebagai pelembab kulit.
  5. Alkohol adalah bahan yang digunakan untuk melarutkan sabun sehingga sabun menjadi bening atau transparan. Untuk terjadi transparansi sabun harus benar-benar larut.
  6. Gula yang bersifat humektan dan membantu pembusaan sabun. Semakin putih warna gula akan semakin transparan sabun yang dihasilkan.
  7. Pewarna yang digunakan untuk memperindah penampilan sabun.
  8. Pewangi atau pengaroma adalah suatu zat tambahan yang ditujukan untuk memberikan aroma wangi pada suatu sediaan agar konsumen lebih tertarik (Priani dan Lukmayani, 2010).

 

Berdasarkan jenisnya, sabun dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :

 

  1. Sabun opaque adalah jenis sabun yang biasa digunakan sehari-hari yang tidak tembus cahaya.
  2. Sabun transparan merupakan sabun yang paling banyak meneruskan cahaya jika batang sabun dilewatkan cahaya .
  3. Sabun translucent merupakan sabun yang sifatnya berada di antara sabun transparan dan sabun Opaque (Bunta, 2013).

 

Keuntungan dari pembuatan sabun transparan adalah memiliki penampilan transparan yang menawan , Mempunyai fungsi pelembab, Daya bersih yang efektif tanpa meninggalkan busa sabun, dan Lebih terasa lunak (Priyani dan Lukmayani, 2010).

 

Semoga bermanfaat dan makin menambah pengetahuan anda dalam hal ide peluang usaha sabun transparan

Bagikan informasi tentang Ide Peluang Usaha Sabun Transparan kepada teman atau kerabat Anda.

Ide Peluang Usaha Sabun Transparan | Bisnis Baju & Kaos | WA : 085730297823

Belum ada komentar untuk Ide Peluang Usaha Sabun Transparan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan